Tetap Bangun Pagi Saat Libur Agar Tubuh Tak Lemas

Jakarta, Saat berlibur adalah identik dengan waktunya bermalas-malasan. Tapi agar tubuh selalu sehat, sebaiknya tetaplah aktif meski sedang di akhir pekan. Tetap bangun pagi saat sedang libur akan membuat tubuh tidak lemas.

Ungkapan ‘early to bed and early to rise, makes a man healthy, wealthy and wise‘ (tidur lebih awal dan bangun lebih pagi membuat lebih sehat, kaya dan bijaksana) masih cocok diterapkan saat libur. Selain baik untuk kesehatan, bangun lebih pagi juga membuat orang lebih siap untuk menghadapi rutinitas di pagi hari.

Tetap melakukan aktivitas saat akhir pekan bisa meningkatkan status kesehatan dan juga kebugaran seseorang. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu tubuh tetap aktif, seperti dikutip dari Lifemojo, Sabtu (18/6/2011) yaitu:

1. Bangun pagi seperti biasa
Jangan menghabiskan waktu hanya dengan bermalas-malasan di tempat tidur, karena akan membuat tubuh menjadi lemas dan tidak memiliki energi untuk melakukan hal lain sepanjang hari. Ini tidak berarti harus bangun jam 5 pagi, tapi bisa menambahkan waktu tidur sekitar 1-2 jam dibandingkan hari biasa.

Bangun pagi hari sebelum matahari tinggi dapat membuat pikiran Anda lebih segar dan bisa mengurangi stres. Kondisi ini membuat tubuh lebih sehat, serta membuat penampilan lebih terlihat cantik dan menarik.

2. Jangan menghabiskan waktu dengan menonton televisi
Terlalu banyak menonton televisi akan membuat tubuh semakin lemas. Kondisi ini nantinya akan membuat seseorang menonton televisi di sofa sambil mengemil makanan yang tidak sehat sehingga bisa memicu terjadinya obesitas.

3. Berjalan di pagi hari
Cara terbaik untuk menyingkirkan rasa kantuk di pagi hari adalah dengan berjalan-jalan santai, setelah selesai tubuh akan merasa lebih bersemangat. Dengan bangun pagi, orang juga memiliki waktu lebih untuk melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, yoga, latihan pernapasan, bersepeda, berenang, jogging dan olahraga ringan lainnya.

Olahraga pagi dapat membantu untuk mencapai dan menjaga kesehatan yang baik dan menjaga pikiran menyenangkan dengan mengurangi rasa sakit dan stres. Pikiran yang sehat dan menyenangkan dapat membuat Anda berpikir positif yang pada gilirannya membuat hidup bahagia. Dengan tetap berolahraga saat akhir pekan akan membantu mencapai tubuh yang sehat dan bugar menjadi lebih cepat.

4. Luangkan waktu untuk kumpul bersama keluarga
Pastikan untuk tidak membawa pekerjaan diakhir pekan, sehingga bisa menghabiskan waktu untuk bersenang-senang bersama keluarga dan teman. Berkumpul dengan orang-orang terdekat bisa mengurangi kadar hormon stres dan memperbaiki suasana hati.

 

sumber: http://health.detik.com/read/2011/06/18/081237/1662965/766/tetap-bangun-pagi-saat-libur-agar-tubuh-tak-lemas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s