Keamanan di Ponsel Pintar Masih Primitif

Deretan smartphone yang saat ini tengah menjejali pasar ponsel boleh saja semakin canggih. Namun jika dilihat dari sisi keamanan, perangkat komunikasi mobile itu dinilai masih kuno, bahkan bisa dibilang primitif.

Demikian penilaian Randy Abrams, Director of Technical Education di perusahaan keamanan Eset Amerika Utara.

“Dari sisi keamanan, perangkat komunikasi mobile masih tergolong kuno, cenderung primitif dan kebijakan-kebijakan yang dikendalikan oleh pihak vendor, ternyata justru menambah peluang yang menguntungkan bagi pelaku kejahatan dunia maya,” tukas Abrams.

“Oleh sebab itu sangat dianjurkan bagi para user untuk berhati-hati ketika menggunakan perangkat komunikasi mobile,” lanjutnya, dalam keterangannya, Selasa (21/6/2011).

Sementara menurut Yudhi Kukuh, Technical Consultant PT Prosperita-ESET Indonesia menyampaikan, perangkat komunikasi mobile saat ini telah menjadi layaknya desktop dalam bentuk yang kecil.

Namun sayangnya perangkat keamanan dalam bentuk perangkat lunak antivirus belum diterima secara luas oleh pengguna smartphone sebagai kelengkapan yang krusial sebagaimana pada desktop dan laptop.

Padahal hingga saat ini serangan malware Android mengalami peningkatan hingga 400% sejak periode September 2010.

Dilaporkan juga bahwa metode penyebaran malware pada perangkat mobile tertinggi adalah melalui aktifitas download aplikasi, dan pada sebagian besar dari pengguna smartphone tidak melengkapi perangkatnya dengan proteksi antivirus.

-detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s