Analisa Portable Visual Basic

Portable Visual Basic.

Pada umumnya aplikasi ini adalah aplikasi untuk membuat coding Visual Basic. Didalamnya dilengkapi dengan beberapa fitur menu sama seperti aplikasi Visual Basic. Didalamnya juga tersedia table form untuk menuliskan coding tersebut. Dan ada juga menu untuk men-debug dan menjalankan coding yang sudah kita buat di table form.

Portable visual basic memiliki kelebihan dan kekurangan, dan pada kesempatan ini saya akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan aplikasi ini.

Kelebihan portable visual basic;

  1. Memiliki size lebih sedikit dibandingkan aplikasi visual basic pada umumnya.

Karena aplikasi ini berbentuk portable, jadi aplikasi ini tidak memiliki size file yg besar. Berbeda dengan aplikasi Visual Basic yg tidak portable.

  1. Mudah digunakan.

Aplikasi ini pada dasarnya sama seperti Visual Basic. Jadi bagi programmer yg ingin dan senang bermain dengan VB pasti mudah menggunakannya.Karena bahasa pemrograman yg digunakannya pun menggunakan bahasa VB.

  1. Tidak perlu melakukan proses instalasi.

Sesuai dengan namanya, aplikasi portable visual basic ini tidak perlu melakukan proses instalasi jika ingin menggunakannya. Jadi kita tinggal meng-klik 2 kali pada icon aplikasi tersebut dan dapat menjalankan aplikasi tersebut.

  1. Tidak memakan space system yang tersedia pada hard disk.

Portable visual basic bersifat portable. Berhubungan dengan penjelasan nomer 3 diatas, karna aplikasi ini tidak perlu melakukan proses instalasi, jadi space system yg tersedia di hard disk tidak kemakan dengan aplikasi ini. Akan tetapi, space hard disk pasti akan berkurang, tergantung kita menyimpan aplikasi ini di drive yg mana.

Adapun kekurangan dari portable visual basic;

  1. Tidak dapat membuka file/program VB yang sudah ada. Jadi jika kita ingin membuka file tsb kita harus membuka program portable visual basic terlebih dahulu lalu open file/program vb yg sudah kita buat dan simpan.
  2. Beberapa file tidak dapat dibuka. Ketika kita ingin membuka file yg sudah disimpan, ada beberapa file yg tidak dapat bisa dibuka. Untuk kasus ini, saya pun membuktikan sendiri, dan memang benar. Ada beberapa file/ program vb saya yg tidak bisa dibuka pada aplikasi tsb.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s