STOP Cyber Bullying!!!!

Apa itu cyber bullying? Bagaimanakah cara mencegah cyber bullying?

I. Apa itu Cyber Bullying?

– Cyber bullying adalah penggunaan Internet dan teknologi yang terkait untuk menyakitiorang lain, dengan cara, sengaja diulang, dan bermusuhan.

– Cyber bullying adalah segala bentuk “kekerasan” yang dialami anak dan dilakukan oleh sesama/seusia mereka melalui media cyber/internet.

– Cyberbully merupakan aksi di mana pelaku bertindak di luar batas kepada orang lain dengan cara mengirim atau memposting materi yang dapat merusak kredibilitas, menghina atau melakukan serangan sosial dalam berbagai bentuk, dengan memanfaatkan internet atau teknologi digital lainnya sebagai medianya. Medianya bisa berupa SMS, e-mail, status di facebook, twitter, chatroom dan sebagainya, baik yang melalui komputer ataupun ponsel.

Penyebab terjadinya cyberbullying bisa jadi karena dendam, kemarahan atau perasaan frustasi. Bisa juga karena pelaku memang tidak punya kerjaan, sedangkan ‘mainan’ berbau teknologi banyak tersedia di sekeliling mereka jadinya iseng dan ingin mencari keributan. Atau bias jadi, pelaku adalah orang-orang yang di kehidupan nyatanya termasuk golongan ‘tidak dianggap’ atau tidak punya kekuatan, dengan melakukan cyber-bully mereka merasakan bagaimana rasanya jadi “orang yang berkuasa”. Hal yang sangat membahayakan dari cyberbully adalah, orang bisa merasa terlindung di balik anonimitas. Dan terbayangkan, ketika seseorang sudah berpikir ‘ah nggak ada yang tau ini’, maka dia bisa melakukan banyak hal.

Beberapa bentuk cyber bullying dapat dibagi menjadi:
Direct Attacks: (Instant Messaging; Text Messaging; Emails; dan BLOGS)
Cyber Bullying by Proxy: (Get others to bully; Can include friends;Can include parents; dan Take control of account)

Menurut survei, di Indonesia memiliki tingkat kesadaran paling tinggi akan adanya tindakan ini. Yaitu dengan persentase 91%. Ditempat kedua Australia dengan 87% disusul Polandia dan Swedia. Dikalangan responden Rusia dan Arab Saudi tergolong rendah, yakni 35% dan 29%. Dan di AS hanya sebesar 83%.

II. Bagaimana mencegah Cyber Bullying?

Tentunya ancaman Cyberbullying tersebut menjadi perhatian bagi orang tua bukan?NAh,berikut beberapa tips untuk mencegah Cyberbullying dari berbagai sumber;

  • Hindari membuat username yang menarik perhatian atau yang mengundang penasaran orang lain. Misalnya: sexy_hot,cutegirls, ataupun nama-nama yang mengasosiasikan jenis kelamin sehingga menarik perhatian lawan jenis.
  • Jangan memajang gambar atau foto dengan pose yang seksi dan merangsang lawan jenis.Memajang foto orang lain yang bukan menjadi milik kita juga bukan hal yang disarankan.Gambar-gambar atau foto yang menarik perhatian ini akan mendorong seseorang untuk menjadi target kejahatan seksual.
  • Tawaran hadiah dan ajakan untuk bertemu harus ditolak,jika kamu belum benar-benar mengenal pelaku tersebut.Rata-rata korban dijerat dengan iming-iming hadiah misalkan kado ulangtahun atau sejenisnya,setelah sebelumnya korban dimintai alamat sekolah atau rumahnya.
  • Jangan mudah terpancing atau merespon aksi pelaku,karena pelaku bullying selalu menunggu-nunggu reaksi korban.Reaksi ini termasuk ketika kamu membalas apa yang dilakukan oleh pelaku cyberbullying.
  • Jika materi pengganggu muncul dalam bentuk pesan instan atau komentar profil,gunakan tool preferences/privasi untuk memblok pelaku.Jika tindkan cyberbullying terjadi saat chatting,segera tinggalkan chatroom.
  • Jangan terpancing untuk membicarakan atau bergosip mengenai orang lain.Pelaku dapat mendapatkan bahan untuk tindakan cyberbullying dengan mengetahui karakter seseorang dari obrolanya.
  • Jika kamu mendapati seorang teman yang kamu rasa sedang masuk dalam jebakan pelaku cyberbullying,bantu temanmu itu untuk menenangkan diri dan segera menghindar.Jika kamu yakin tindakan yang dilakukan pelaku cyberbullying terhadap teman kamu,kamu dapat langsung meminta kepada pelaku  untuk menghentikan aksinya.
  • Jika kamu mencurigai adanya cyberbullying,segera laporkan kepada orang yang sudah berpengalaman.Misalkan kamu seorang siswa sekolah,segera laporkan tindakan yang kamu curigai sebagai cyberbullying tersebut kepada Guru maupun tenaga konseling,sangat disarankan untuk melapor kepada pembimbing IT di sekolah kamu.
  • Jangan lupa untuk menyimpan bukti,misal menyimpan pesan atau materi yang dikirimkan pelaku cyberbullying

Sekian tulisan saya tentang Cyber Bullying. Semoga bermanfaat🙂

STOP CYBER BULLYING!!!

sumber :

http://spjati.blogspot.com/2009/07/cyber-bullying-mengancam-anak.html

http://ena-ayobelajarbersama.blogspot.com/2012/01/ancaman-cyberbullying-kian-meningkat.html

http://krik-krik.com/internet/cegah-tindakan-cyberbullying.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s