Are you coffee holic? Yes, I am.

Kopi? Indonesia merupakan salah satu negara dengan penikmat kopi banyak di dunia. Dan gua salah satu penikmat kopi, salah satunya ya kopi hitam. Terkadang nih ya kopi itu sama kaya racun, eh emang bener si racun. Karena zat kafeinnya yg kalo dikonsumsi secara berlebihan bisa dapat menimbulkan penyakit. Iya penyakit…

Banyak orang yang bilang, kopi itu bikin susah tidur. Pada dasarnya si gua biasa aja, kalo udah ngantuk mah mau minum kopi berliter-liter pun tetep ngantuk-ngantuk juga. Kopi itu nikmat, apalagi aromanya. Tapi alangkah baiknya jika mengurangi konsumsi kafein.

Ada banyak manfaat jika mengurangi konsumsi kafein, seperti dilansir depoklik.com, diantaranya;

1. Terlalu banyak kafein dapat merangsang sistem saraf pusat dan menyebabkan jantung berdebar-debar, sering buang air kecil, muntah, gelisah, depresi dan tremor dalam beberapa kasus ekstrim.

2. Gangguan tidur. Dengan kata lain, seseorang yang mengambil kafein terlalu banyak mengakibatkan gangguan tidur. Anda bisa mengurangi jumlah kafein bila ingin memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Orang yang kecanduan kafein dan cenderung mengonsumsi jumlah kafein yang lebih tinggi dilaporkan mengalami kelelahan ekstrim akibat kurang tidur.

3. Mengurangi tingkat kecemasan. Seseorang yang mengonsumsi lebih dari 300 mg kafein akan berujung pada tingkat kecemasan yang meningkat. Meskipun pengurangan kafein dapat menurunkan tingkat kecemasan, hal ini harus dilakukan secara bertahap. Penurunan asupan kafein secara drastis dapat meningkatkan kecemasan.

4. Pasien hipertensi biasanya disarankan untuk mengurangi asupan kafein, sehingga tekanan darah mereka dapat lebih terkontrol.

5. Para ahli terapi alternatif menyarankan orang untuk menjauhi kafein jika ingin tetap tenang. Dengan kata lain, mengurangi atau menghindari kafein dapat membantu dalam mencegah lekas marah dan gugup.

6. Masalah lain, seperti disorientasi, denyut jantung tidak teratur, sering buang air kecil, gangguan lambung dan sebagainya yang berhubungan dengan keracunan kafein dapat dicegah dengan mengurangi asupan kafein.

 

via: depoklik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s