Contoh Paragraf Generalisasi, Analogi dan Sebab-Akibat

1. Contoh Paragraf Generalisasi
Untuk mendapatkan komputer dengan kinerja yang memuaskan, kita wajib membeli hardware dan meng-upgrade software dengan baik. Bukan hanya itu saja, semua komponen komputer haruslah dirawat dengan baik agar tidak terjadi kerusakan. Dan pemakaian komputer haruslah baik, mulai dari penataan cahaya, suhu udara dan lama komputer dalam keadaan aktif. Jangan sampai komputer dalam keadaan menyala, tetapi tidak diakses. Jadi, untuk mendapatkan kinerja maksimal, memuaskan dan awet kita harus benar-benar memperhatikan komputer kita.
2. Contoh Paragraf AnalogiMenjadi mahasiswa di bidang komputer pada khususnya atau mahasiswa di bidang lain pada umumnya, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan komputer itu sendiri, komputer diciptakan untuk mampu mengerjakan banyak tugas (multi tasking), bersifat real-time, tidak bisa dipaksakan. Mahasiswa yang menuntut ilmu di bidang komputer juga dituntut bekerja dengan sistem yang sama seperti komputer.

3. Contoh Paragraf Kausalitas (sebab-akibat)

Kerusakan yang terjadi pada sistem basis data dapat mempengaruhi departemen lain yang terkait. Jika di dalam suatu sistem basis data mengalami kerusakan akan mengakibatkan departemen lain mengalami hambatan dalam melakukan operasionalnya, hal ini dikarenakan keterhubungan antar data yang digunakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s