1st time at Mahameru (part 2)

Lanjut yaaaa🙂

Setelah selesai mengurus perijinan, akhirnya kami pun memulai pendakian tepat pukul 16.00 WIB. Dan kami disambut gardu ‘Selamat Datang Para Pendaki Gunung Semeru’

Ini dia rombongan kami, dari kiri (Yuda, Angga, Ucok, Vito, Rendy, Gua, Tami, Fanny, Benny)

Kakipun semakin bersemangat untuk mendaki puncak tertinggi di Pulau Jawa ini. Untuk checkpoint kami hari ini adalah Ranukumbolo dan rencananya kami bermalam disana sambil mengistirahatkan badan. Karna jarak dari Ranupani ke Ranukumbolo pun lumayan jauh hihihi😀 Nih detail jaraknya;

Ranupani – Landengan Dowo (3 Km) | Landengan Dowo – Watu Rejeng (3 Km) | Watu Rejeng – Ranukumbolo (4,5 Km)

Eh dari Ranupani ke Ranukumbolo ada 4 pos perisrahatan. Tapi pas di pos 3, pos peristirahatannya rubuh (entah karena apa gua juga ga ngerti). Dan selama perjalanan Ranupani – Ranukumbolo kami bertemu pendaki lain yg mau turun. Setelah hampir 3,5 jam perjalanan, akhirnya kami sampai di Ranukumbolo dan langsung mendirikan tenda karna udah mulai dingin (gua aja sampe mengigil -_-) Dan pas malam itu suhu di Ranukumbolo 7-9 derajat Celcius. Brrzzzzzzz….

18 September 2012 | Ranukumbolo

Selamat pagi Ranukumbolo, pagi itu pukul 4.30 WIB dan matahari Ranukumbolo sudah mulai muncul. Gua ga tau mesti ngungkapin seperti apa indahnya, gua cuma bisa ngomong ‘Subhanallah ini indah banget’. Yaaa… kebetulan gua dapet sunrise di Ranukumbolo sambil ditemenin kabut paginya. Kereeeeen gilaaaaaaaaaaaaaaa!!!

Udah nikmatin sunrise, kamipun bergegas sarapan dan packing sebelum melanjutkan pendakian. Rute hari ini Ranukumbolo – Arcopodo. Dan Tanjakan Cinta jadi ‘tantangan’ pertama kami. Dan ada mitos, apabila kita bisa mendaki Tanjakan Cinta dengan satu nafas, trus kita menyebutkan nama seseorang yg kita cintai (pas sampe atas), kita ‘bisa’ sama orang tersebut. Ini mitos loh yaaa, silahkan percaya atau tidak~

-Pendakian berlanjut-

Awal mulai mendaki Tanjakan Cinta masih bersemangat, tp pas ditengah2 gua nyerah juga pake satu nafas. Gilaaaa.. ngap2an broooh hahaha :)) Kebetulan gua mendakinya pas siang (lupa jam brp -_-) tapi alhamdulillah bisa melewatinya.

Oiyaaa jarak dari Ranukumbolo – Arcopodo lumayan juga loh, ini detailnya;

Ranukumbolo – Cemoro Kandang (2,5 Km) | Cemoro Kandang – Jambangan (3 Km) | Jambangan – Kalimati (2 Km) | Kalimati – Arcopodo (1,2 Km)

Jalur Cemoro Kandang – Kalimati itu full nanjak!!! Gua itung2 selama pendakian dari Cemoro Kandang – Kalimati itu cuma ada 2 kali ‘bonus’ turunan. Selebihnya nanjak terus. Dan disinipun kami mulai terpisah2 dari rombongan, kalo yg kuat mah jalan terus, kalo ga kuat yaa istirahat2 (termasuk gua) hahaha :)) Dari 10 orang (rombongan kami), gua berada di urutan ke 7 dan 8 karna gua berdua sama Fanny (temen gua). Disela-sela perjalanan, gua sempet berdialog sama dia, seperti ini:

Gua: Lu munjak Fan?

Fanny: Iya Jul, gua muncak. Dan itu harus. Emang lu ga muncak?

Gua: Gua blm tau Fan, karna puncak suatu gunung itu suatu bonus buat gua.

(Ini karena gua ragu mau sampe Mahameru apa engga).

Akhirnya gua melanjutkan pendakian menuju Arcopodo. Kurang lebih 2 jam-an akhirnya gua sampe di Kalimati. Disini kita ngerubah planning karna ada 2 temen gua yg ga muncak. Akhirnya kami memutuskan untuk bikin 2 tenda, 1 di Kalimati (buat yg ga muncak) dan 1 di Arcopodo (untuk yg muncak). Disinipun kita packing ulang untuk perbekalan yg dibawa ke puncak apa aja biar ga terlalu berat pas ke Arcopodo. Selesai packing kami melanjutkan pendakian ke Arcopodo dan menempuh waktu -/+ 1 jam.

Oiya ada yg ‘beda’ dari gua selama pendakian dari Ranukumbolo – Arcopodo, yaitu adanya cairan infus yg menggantung di Carier gua. Iya itu cairan glukosa, sama hasiatnya kaya gula jawa hihihihi😀

2 thoughts on “1st time at Mahameru (part 2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s