1st time at Mahameru (part 4)

Lanjut lagi nih yaaa ceritanya mihihihi *nyeruput kopi*

19 September 2012 | Mahameru

Setelah rombongan kami (yg summit) sudah sampai semua dan sudah mengabadikan gambar untuk dokumentasi, kamipun bergegas turun lagi ke Arcopodo. Karna Gunung Semeru termasuk yg masih aktif, semua pendaki hanya boleh di puncak sampai pukul jam 09.00 WIB. Ini dikarenakan gas beracun akan turun ke arah jalur pendakian sekitar jam 10.00 WIB. Kami pun turun pukul 06.45 WIB. Kalo dulu (kata temen2 gua yg udah ke Mahameru duluan), banyak pendaki yg kesasar pas turun, karna jalur turun Semeru hanya ada satu dan patokannya itu Cemoro Tunggal. Tapi sejak tahun 2007 (kalo ga salah), Cemoro Tunggal udah ga nampak. (FYI: Cemoro Tunggal adalah Pohon Cemara yg hidup di jalur pendakian summit, dan pohon cemara tsb hanya ada 1).

Jalur turun dari Mahameru termasuk esktrim (kalo menurut gua), karna lu turun diatas pasir + kerikil, bahkan bebatuan gede. Ibarat kata ya lu lagi maen selancar diatas pasir + kerikil.

Hati hati bagi para pendaki, karna bisa terporosot dan bahkan terkena batu. Pas turun, gua sama Vito sempet terperosot dan kena batu dari belakang, untungnya ga terlalu apa-apa. Dan disini gua bertemu para pendaki lain yg masih berjuang summit. Seperti om yg satu ini, gua ketemu dia pas turun dengan kondisi dehidarasi. Kontan gua langsung ngasih cadangan air gua yg kebetulan masih ada. Dia akhirnya bisa mencapai Mahameru (setelah bertemu kembali dan berbincang di Ranukumbolo)

Untuk rute hari ini, yaitu; Mahameru – Arcopodo – Kalimati – Ranukumbolo. Waktu tempuh dari Mahameru – Arcopodo itu sekitar 40 menit. Singkat cerita, setelah dari Mahameru kami akan bermalam di Ranukumbolo (lagi) sebelum bertolak ke Jakarta.

Tips sebelum summit attack dari gua;

1. Kalo bisa sebelum summit, bermalam di Arcopodo dulu. Biar lebih deket dan mangkas waktu.

2. Pastiin badan fit alias sudah beristirahat sebelum summit.

3. Makan yg banyaaaak! Ini baut ganti energi sebelum summit.

4. Bawa barang yg penting, seperti baju penghangat, kamera, air minum, hp, dll.

5. Sedia air yg cukup. Ini yg paling penting, karna kalo tiba2 air kita abis di jalur summit ini akan susah dan bahaya. Karna tubuh bisa dehidrasi🙂