Standart Gear For Hiking

Buat kalian-kalian yg ingin hiking/ suka bertulang dan baru mau memulainya, ada baiknya memperhatikan hal-hal berikut. 3 hal yg terpenting untuk mendaki adalah 1. Shelter, 2. Food and Kitchen, 3. Tools and Survival. Selengkapnya simak penjelasan berikut..

– Di mulai dari #backpack/#rucksack pillih yg sesuai dengan kriteria punggung dan kenyamanan, karna itu hal terpenting. Sesuaikan dengan torso dan berat badan si pengguna, karna tiap orang akan dapat hasil konveri yg beda. Kapasitas beban angkut tiap orang berbeda, maka usahakan jangan lebih dr 20% atau 1/3 dari berat badannya. Karna kalau lebih akan hilang rasa nyaman saat hike, dalam hal ini akan penting mengingat harganya yang tak murah, jadi usahakan sekali beli tp memuaskan, juga sesuaikan dgn backsystemnya🙂

– #Shelter, ini adalah satu bagian terpenting dalam kegiatan outdoor, bisa dari yang konvensional sampai yg modern. Mulai bivack, tarptent, bahkan sampai foursseason, lengkapi juga dengan pendukungnya seperti matras dan sleeping bag. Untuk matras bisa dari matras standar yang busa mati sampai yang matras angin, sesuaikan kebutuhan anda dan kantong anda🙂 Sleepingbag juga menyesuaikan dgn kantong anda, juga dilihat lagi dari tenda yang digunakan, jangan sampai menggunakan tenda 4season tp SBnya pakai yg sanggup mengatasi suhu minus itu jg salah kaprah.

–  #Kitchen, juga salah satu ornamen penting pendakian, untuk menjaga stabilitas tubuh dengan asupan gizi, terdiri dari kompor dan kelengkapannya yg minimalis sehingga bisa dibawa2 dgn simple, mungkin sekedar 1 kompor lapangan dengan bahan bakar nya tentunya dilengkapi satu penggorengan dan sebuah panci kecil juga tambahan alat makan lainnya. Kurang lebih alat makannya antaralain: bisa sebuah piring, sendok dan gelas. Usahakan cari yg foldable ya biar ga makan banyak tempat saat packing.

–  #Clothes bawa seperlunya aja, karna bukan mau pindahan apa lagi ke MALL kan? hanya saja pastikan badan tetap kering saat hiking. Dan tetap bersih juga saat mau beristirahat tidur, jgn lupa persiapkan kaos kaki cadangan. Hindari penggunaan pakaian berbahan jeans, karna sifat dasar jeans itu mengikuti suhu, makin dingin suhu maka makin dingin yg dirasakan. Begitu juga ya sebaliknya, jgn karna liat film cowboy trus ikut-ikutan pake jeans. Mereka disana selalu menggunakan thermal sebelum pakai itu. Thermal dsini adalah base layer clothes yg bisa menahan suhu badan supaya tetap hangat.

– #Windshell ini adalah perlengkapan untuk menahan dingin dari angin juga dari cuaca. Untuk iklim tropis indonesia saya rasa jacket dan celana polar cukup, jgn lupa dilengkapi sarung tangan dan masker.

–  #Rainshell adalah alat untuk menahan hujan. Saran saya selalu pisahkan windshell dan rainshell karna seandainya hujan badai. windshell anda tak akan selamat dan anda ga bisa bertahan hadapi dingin karna basahnya windshell. Disni ada pilihan yg bisa dipilih seperti poncho atau biasa di sebut jas hujan batman, sampai yg model atasan dan bawahan, malah beberapa ada yg model wearpack jadi bisa kalian pilih sesuai harga dan kenyamanan.

–  #Hydrationsystem kontrol air!! Itu yg selalu para sesepuh bilang saat pendakian. Hal pertama paling simple adalah ambil data dari tempat hiking, ada kan sumber air dsana ? Dan ingat ttg daya angkut beban masing-masing. Jadi simplenya, estimasi dulu berapa liter kira-kira yg dibutuhkan, jadi bisa bawa sesuai dgn kebutuhan. Perlengkapannya menurut saya antaralain: #waterbladder #watertank dan #waterpurifier. Tp kalo mau simple bisa juga kok dgn bawa air mineral kemasan asal sanggup bawanya😀

– #LightAndFire, ada headlamp, senter,atau bahkan lampu badai. Tapi jgn lupa persiapkan cadangannya ya, seperti baterai dan BB. Untuk lampu badainya, dalam hal ini saya lebih memilih headlamp atau senter dikombinasi dgn lampu. Lampu badai elecktronik yg ada di pasaran, jd cukup baterai saja cadangannya.

–  #Tools berarti alat, yang dimaksud dsini bisa diartikan alat-alat pendukung , semisal golok tebas, pisau bahkan sampai camera. Jadi setiap medan dan kebutuhan tiap-tiap personel beda-beda, ada yg ga mau jalan juga tanpa camera soalnya. Tp saya rasa untuk medan Indonesia sebuah pisau lipat lengkap dan GPS kayaknya standart untuk dimiliki untuk hiking dan perlu ditambah kelengkapan survival kit dan obat2an tentunya. Satu lagi survivalblanket mungkin perlu dibawa.

–  #Food sekali lagi saya bisa bilang ini bisa menyesuaikan tiap medan dan tiap-tia[ personel, karna perut org beda-beda juga selalu sesuaikan dgn lamamya hiking, tapi pastikan asupan gizi dan kalorinya cukup.

Demikian penjelasan standar gear for hiking. Semoga bermanfaat🙂

‘Hanya kalian sendirilah yang tau batas kemampuan kalian, jadi jangan terlalu dipaksakan.’

Sumber:

– @infopendaki

– @reditesouls

– http://chirpstory.com/li/21493

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s