Apa yang anda ketahui tentang minuman bersoda?

Menikmati waktu bersantai dengan minum soda mungkin tampak menyenangkan. Tetapi menurut penelitian terbaru, konsumsi minuman manis seperti soda dalam jumlah yang berlebihan justru dapat meningkatkan risiko depresi.

Berdasarkan penelitian terbaru yang dilakukan oleh American Academy of Neurology, diet soda terkait dengan risiko depresi. Penelitian tersebut mulai dilakukan sejak tahun 1995, ketika para peneliti mulai melacak 263.925 orang yang berusia antara 50 sampai 71 tahun.

Selama setahun, peneliti mengukur seberapa banyak minuman manis yang dikonsumsi peserta, seperti soda, minuman dengan rasa buah-buahan, dan kopi. Setelah 10 tahun, peneliti meminta peserta melaporkan kondisi mentalnya apakah dirinya pernah didiagnosis mengalami depresi dalam beberapa tahun terakhir.

Peneliti juga telah memperhitungkan sejumlah faktor lain yang mungkin mempengaruhi depresi seperti faktor usia, jenis kelamin, ras, pendidikan, status perkawinan, dan tingkat aktivitas fisik. Tetapi hubungan antara konsumsi soda dengan depresi tetap jelas.

Orang yang minum soda setidaknya 4 kaleng per hari memiliki kemungkinan mengalami depresi hingga 30 persen dibandingkan orang yang tidak mengonsumsi soda sama sekali.

“Kaitan antara konsumsi soda dengan depresi mungkin dapat dijelaskan bahwa soda mengandung pemanis buatan dalam kadar yang tinggi dan berakibat buruk bagi kesehatan. Depresi lebih mudah menyerang seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah,” kata Honglei Chen, MD, PhD, penulis studi, seperti dilansir prevention, Sabtu (12/1/2013).

Para ahli menyarankan untuk mengonsumsi minuman yang memiliki manfaat bagi kesehatan daripada memilih minum soda yang dapat meningkatkan kemungkinan untuk mengalami depresi. Minuman-minuman tersebut diantaranya sebagai berikut:

1. Kopi
Penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat mengurangi risiko depresi karena mengandung antioksidan dan bahkan dapat melindungi Anda dari diabetes.

2. Teh hijau
Teh hijau dapat memerangi kanker dan menurunkan tekanan darah. Selain itu teh hijau juga berkhasiat sebagai meningkatkan kemampuan dan fungsi otak karena kandungan asam amino yang disebut theanine.

3. Smoothies buah dan sayur
Smoothies buah dan sayuran yang rendah gula adalah minuman yang dapat meningkatkan suasana hati secara alami.

 

 

Sumber:

http://health.detik.com/read/2013/01/12/130449/2140334/763/terlalu-banyak-minum-soda-sebabkan-depresi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s