Tips Ngetrip Hore

Travelling,

-atau jalan-jalan- menjadi tren hobi sudah cukup lama. Selain untuk menghilangkan penat pikiran sejenak, terkadang dengan travelling kita dapat menambah teman bahkan wawasan. Belakangan ini, travelling -entah domestik atau luar negri- sudah didukung dengan adanya ‘tiket murah’. Mulai dari tiket murah pesawat ataupun subsidi tiket kereta api dari pemerintah. Kalau ditanya apakah gua mau membahas kalkulasi perhitungan mereka, maka gua jawab TIDAK. Bukannya tidak peduli, tapi bukan wewenang wawasan gua untuk menjawabnya. Disini gua mau membahas ataupun sekedar sharing bagaimana tips ngetrip hore yang seperti biasa gua lakuin. 

Gua bukan seorang travel blogger ataupun traveller apalah ya namanya, gua cuma sekedar senang berkeliling dari satu tempat ke tempat lain, ke kota-kota yang menjadi tujuan wisata gua. Untuk kalangan tertentu, travelling memang menghabiskan banyak biaya -itu gua akuin-. Tapi gua punya beberapa tips ngetrip hore bukan hura-hura. Langsung nih ya;

1. Niat dan tekad.

Point ini menjadi hal pertama kalo pengen travelling. Tapi terkadang niat tinggallah niat, kadang kita tidak tau apa yang akan terjadi dikemudian hari. Kita niat mau kesana, mau kesini, tapi apa daya jika ada hal-hal yang tidak mendukung niat kita. So, kalo kita udah niat, mari lakukan!

2. Pilih tujuan wisata.

Memilih tujuan wisata bukan perkara mudah. Kita bisa aja sesekali berubah pikiran mau ke kota A malah ke kota B bahkan ke C, D, atau segala macamnya. Itu udah sering terjadi, gua pun kadang melakukan hal yang sama. Tapi kembali lagi ke point satu, niat kita dari awal mau ke kota mana dulu nih. Dengan pertimbangan biaya dan lamanya perjalanan. Kalo kalian punya waktu banyak dan biaya lebih, pilih tempat wisata yang paling jauh sekalian. Simple! :-p

3. Hunting info sebanyak mungkin.

Setelah kita nentuin tujuan kota wisata kita, maka step selanjutnya nentuin kita mau kemana saja dikota tersebut. Caranya? Hunting info daerah tersebut. Akses ke tempat wisata tersebut bagaimana. Apa saja yang menjadi daya tarik tempat tersebut sehingga kita memilih untuk mengunjungi ya. Simplenya. jangan sampe bingung mau kemana kita sudah sampai ditempat tujuan.

4. Biaya.

Ini point paling sakral dari setiap perjalan. Biaya! kalian pasti ga pengen menghamburkan uang begitu saja hanya untuk sekedar jalan-jalan. Perhitungkan semua biayanya. Mulai dari akomodasi, penginapan, kehidupan disana dan bahkan biaya untuk oleh-oleh :-p

5. Nabung

Point ini yang selalu gua suka. Kenapa? Ini karena selalu gua lakuin jika gua mau ngetrip. Rumusnya gini, nabung 2-3 bulan untuk ngetrip di bulan ketiga atau keempat. Well, ini sangat ngebantu. Dengan mengacu dari perkiraan biaya yang sudah elu dapetin diatas, elu bisa membagi tiap bulan elu harus nabung berapa. Simplenya, kalopun tabungan elu blm cukup, setidaknya elu ga ngeluarin biaya lebih di hari-H. Kenapa? karena elu udah punya tabungan 2-3 bulan sebelumnya. That’s why gua ga terlalu suka ngetrip dadakan, karena itu bisa bikin elu agak kaget dengan biaya yang kalian keluarkan pada saat hari H. So, mari nabung! :))

6. Do it!

Jika point 1-5 sudah terlaksana, let’s do it! Mari explore Indonesia. Berjalanlah sejauh mungkin, sehingga kalian akan tau seberapa jauh kaki kalian dapat melangkah! #SalamPejalan

Leave a Reply

